Hello Kitty On Television Anna's Blog: TELUK PENYU BEACH in Cilacap

Selasa, 28 Februari 2012

TELUK PENYU BEACH in Cilacap

 
Assalamu'alaikum...
Kali ini Anna mau bahas Objek Pariwisata di kota asal Anna, yaitu Cilacap *Bercahaya*, namanya Pantai Teluk Penyu.
Pantai Teluk Penyu ini punya luas sekitar 14 hektar yg membujur dari utara (Pelabuhan Perikanan Samudera Cilacap) hingga ke selatan (Pelabuhan Nusakambangan). Di depan objek wisata ini ada Pulau Nusakambangan yg menjadi 'tembok penghalang' Pantai Teluk Penyu dari gelombang besar Samudera Hindia.

Ciri khas pantai ini adalah pasirnya yg hitam memanjang dengan gulungan ombak besar. Kita bisa bermain pasir, berenang, bermain layang-layang, bermain sepak bola pantai, atau hanya sekedar duduk2 melihat panorama sekitar. Untuk keamanan, ada Tim SAR Wijayakusuma sebagai regu 'baywatch'.
Di sekitar bibir pantai juga terdapat pemandangan perahu nelayan bersandar. Perahu2 itu juga bisa disewa untuk wisatawan yg ingin menikmati wisata bahari ke pulau Nusakambangan.

 Di sana kita juga bisa berjalan sedikit ke tengah laut dengan menyusuri Pemecah Ombak. Tempat itu adalah salah satu yg paling diminati para wisatawan. Selain bisa melihat pemandangan tengah laut dengan lebih dekat, disitu juga kita bisa memancing ikan sambil bersantai.

Pantai Teluk Penyu juga selalu ramai saat diselenggarakan acara rutin 'Sedekah Laut'.
Tidak hanya wisatawan lokal yg menonton, tp wisatawan dari luar daerah pun datang berbondong2 hingga pantai menjadi tumpah ruah.


Fasilitas yang ditawarkan pun lengkap dari mulai kamar mandi bilas, persewaan tikar, persewaan ban, tempat parkir yang luas, warung makan seafood, warung es kelapa muda, warung penjualan pernak pernik dari kerang, pusat oleh2 khas Cilacap (ikan asin maupun kerupuk tengiri), kolam renang kecil untuk anak2, bahkan disediakan pula gazebo untuk bersantai2.




Kalo diliat dari namanya yah (Pantai Teluk Penyu), pasti pada ngira di situ banyak Penyu-nya. Tapi sayangnya itu cuma tinggal nama aja. Dulu sih emang banyak Penyu yg singgah buat bertelur, soalnya di situ dulu banyak tumbuhan pandan yg disukai Penyu sebagai habitatnya. Sekitar taun 80-an Penyu2 udah pada gak mau mampir lagi, soalnya tumbuhan pandannya udah menghilang, lagipula udah mulai banyak manusia yg berkunjung. Jadinya Penyu2-nya udah gak nyaman lagi bertelur di situ.


Lah kalo buat pengunjungnya, di sini nih sebagian besar adalah anak muda yg suka 'nongkrong', termasuk Anna. Tiap pulang ke Cilacap nih, pasti deh gak pernah luput dari yg namanya ke Pantai Teluk Penyu. Yaaa, gak lain dan gak bukan cuma buat 'kecehan' dan narsis2an bareng temen2. Saking narsisnya, foto2 dgn latar belakang Teluk Penyu nih ampe bejibun, hehehe...
Mumpung lagi posting ini, Anna numpang ngeksis foto yah :D





Jadi, buat yg lagi pada mampir ke Cilacap nih, jgn ngelewatin berwisata ke Pantai Teluk Penyu yah! Masuknya hanya sekitar 5000 rupiah kok. Di dalamnya pun masih ada objek wisata Benteng Pendem yg gak kalah menarik. So, don't miss it guys!

3 komentar: